Tips Jualan Online Tanpa Harus Beriklan / Mengeluarkan Budget

tips jualan online

Bagaimana caranya berjualan secara online namun dilain sisi budget kita semakin tipis bahkan tidak ada sama sekali?

Salah satu tips jualan online yang efektif tanpa mengeluarkan budget sepeserpun adalah dengan menerapkan strategi konten marketing. Konten marketing adalah teknik pemasaran/distribusi sebuah konten yang bertujuan untuk menarik audience yang tepat menjadi customer.

Uniknya adalah konten marketing sering terbukti mendatangkan lebih banyak penjualan/customer ketimbang menggunakan iklan berbayar, artinya selain jauh lebih hemat, konten marketing juga lebih efektif dalam mendorong kemajuan bisnis anda.

Beberapa alasan konten marketing jauh lebih efektif ketimbang metode iklan adalah:

  • Konten marketing memberikan manfaat lebih kepada user/customer anda. Berbeda dengan iklan yang terang-terangan langsung menjual, dengan konten anda bisa membangun audience dan engagement yang lebih kuat.
  • Mengedukasi customer lebih jauh tentang value dari produk/jasa yang anda jual, yang dengannya bisa meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas brand dimata customer
  • Investasi jangka panjang yang sangat baik, saat beriklan begitu iklan di stop maka kemungkinan besar penjualan kembali ke nol, sedangkan dengan konten tanpa harus beriklanpun customer tetap dapat menemukan anda dan membeli produk/jasa yang anda jual.
  • Memperluas channel marketing anda. Saat berjualan anda hanya bisa menjual di tempat yang terbatas seperti iklan baris atau forum jual beli, namun dengan konten marketing, anda bisa berpromosi di berbagai media dengan menggunakan distribusi konten di sosial media, mesin pencari (SEO), forum, email, bahkan website orang lain.
  • Lebih hemat bahkan gratis. Yang anda perlukan hanyalah menentukan siapa target audiencenya, membuat konten berkualitas, dan mendistribusikannya dengan tepat sasaran.

Lalu bagaimana caranya melakukan konten marketing dengan baik dan benar?

Inilah langkah-langkah yang harus anda lakukan:

1. Pahami tujuan konten dan target market anda

Selalu mulai dengan “why”. Mengapa anda membuat sebuah konten? Ada 3 alasan utama kita membuat konten yaitu:

  • Mendatangkan visitor/trafik
  • Membangun trust & awareness
  • Menghasilkan sales/penjualan

Saat diawal jangan langsung bertujuan untuk menghasilkan penjualan, mulailah dengan memberikan informasi/manfaat (value) untuk visitor, perlahan-lahan bangunlah audience setelah itu anda bisa mulai mengenalkan kelebihan/keunggulan produk yang anda jual untuk membangun rasa kepercayaan (trust), dan terakhir barulah anda mulai mengarahkan customer yang potensial kepenjualan.

Yang tidak kalah penting adalah pahami target pasar anda, cobalah tanya:

  • Apa informasi yang mereka butuhkan?
  • Dimana anda bisa menemukan mereka?
  • Solusi apa yang bisa anda berikan?
  • Kenapa mereka harus peduli dengan konten yang anda berikan?

Identifikasi market anda dengan spesifik seperti siapa mereka, umurnya, interest/minatnya, apa masalahnya dan apa yang mereka cari.

2. Buat konten berkualitas

Disini banyak pemilik bisnis yang gagal membuat konten berkualitas, alasannya simpel karena kebanyakan dari mereka membuat konten hanya untuk mengarahkan ke penjualan. Seperti yang dikatakan sebelumnya, diawal jangan langsung menjual, berikanlah value berupa informasi dan pengetahuan yang bermanfaat kepada visitor bisa melalui artikel blog website atau postingan di sosial media.

Konten disini tidak hanya terpaku dalam bentuk tulisan/artikel, anda bisa juga memberikan konten berupa infografis, e-book dan video yang edukatif, prinsipnya kita harus lebih banyak mengedukasi/memberi manfaat kepada customer ketimbang menjual karena sebenarnya hal ini juga akan berpengaruh kepada penjualan. Dan karena konten ini nanti mempengaruhi penjualan maka jelas kualitasnya harus tinggi.

3. Distribusikan konten yang telah dibuat

Keuntungan yang paling besar dengan membuat konten adalah anda memiliki jangkauan audience yang lebih luas karena distribusi konten bisa disebarluaskan dimana saja. Beberapa channel marketing yang efektif untuk pendistribusian konten adalah:

  • Forum. Anda bisa coba menjawab pertanyaan dan membuat thread yang informatif kepada pengunjung forum tersebut.
  • Blog. Salah satu keuntungan membuat blog didalam website adalah anda bisa membangun base audience dan followers yang lebih dekat ketimbang platform lainnya.
  • Sosial media. Sudah pasti konten marketing tidak jauh-jauh dari dunia sosmed, terlebih anda juga bisa mengubah formatnya entah menjadi slide presentasi (dalam bentuk video) maupun e-book dan menaruhnya di platform sosial yang berbeda seperti YouTube, SlideShare, dll.
  • Website orang lain. Anda bisa menjadi guest blogger atau penulis tamu di website milik orang lain atau menaruh konten di situs-situs sosial bookmark, selain itu jika konten yang anda buat sangat berkualitas bukan tidak mungkin pemilik blog/website lain akan sering merekomendasikan konten anda dan membagikannya di sosial media, selain menciptakan efek viral di sosmed, konten yang baik juga akan membantu meningkatkan peringkat website anda di mesin pencari (SEO).

4. Evaluasi kinerja konten yang anda buat

Langkah terakhir adalah mengevaluasi hasil dari semua yang sudah anda kerjakan. Cara termudah untuk menganalisa performa dari konten yang telah kita buat adalah dengan melihat datanya menggunakan Google Analytics atau plugin/tools analytic semacamnya.

Dari sinilah anda akan mengerti banyak hal mulai dari konten seperti apa yang sering dishare oleh visitor, konten mana yang kurang disukai dan konten apa yang menghasilkan konversi/penjualan. Data-data inilah yang bisa menjadi patokan untuk perkembangan bisnis anda dimasa mendatang.

Setelah anda berhasil mengevaluasi kinerja konten, anda bisa mulai merencanakan konten-konten baru dengan lebih baik lagi, setelah itu barulah anda bisa mulai membuat konten-konten yang menjelaskan tentang keunggulan produk anda, menjelaskan mengapa bisnis/produk anda adalah solusi yang tepat untuk mereka dan sekaligus memberikan arahan kepada penjualan untuk customer yang tertarik membeli dari anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.