Menentukan Strategi Marketing Online Untuk Bisnis Anda

strategi marketing online

Apakah anda masih bingung bagaimana menentukan stretegi marketing online terbaik untuk bisnis anda?

Sebelum memutuskan untuk mengeluarkan budget/biaya marketing untuk channel tertentu ada baiknya anda mempelajari terlebih dahulu karakter bisnis anda, goal seperti apakah yang ingin dicapai? Siapa target market anda? Dimana anda dapat menemukan customer anda?

Lakukanlah beberapa langkah berikut ini untuk menentukan strategi anda kedepannya:

1. Install analytics sejak hari pertama

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh setiap pemilik bisnis adalah menginstall program analytic pada situsnya, karena data analytic inilah yang akan menjadi patokan dalam menentukan sumber trafik mana yang betul-betul menghasilkan kontribusi untuk bisnis anda. Anda bisa menggunakan tools analytic gratis dari Google yaitu Google Analytics, dengan begini anda akan mengetahui dari mana saja datangnya trafik dan channel manakah yang betul-betul berguna bagi bisnis anda.

2. Pahami tujuan bisnis anda

Secara garis besar sumber trafik terbesar biasanya datang dari dua sumber yaitu sosial media dan mesin pencari.

  • Sosial media biasanya lebih ditujukan untuk brand awareness dan update-update aktivitas terbaru.
  • Mesin pencari biasanya lebih ditujukan untuk transaksi (sales) dan informasi.

Manakah yang lebih baik untuk bisnis/brand anda? Semua tergantung dari tujuan bisnis anda, jika anda ingin mendapat exposure lebih maka channel sosial media adalah pilihan yang sangat baik, jika anda ingin target yang lebih spesifik seperti direct customer (orang yang membutuhkan produk/jasa anda), maka mesin pencari adalah channel yang lebih tepat.

Ingatlah bahwa orang-orang menggunakan sosial media, forum, mesin pencari, dan website lainnya dengan tujuan yang berbeda-beda. Sesuaikanlah antara apa yang bisnis anda tawarkan dengan masing-masing platform/website tersebut.

3. Pahami target audience anda

Setiap market memiliki pendekatan yang berbeda-beda, misalnya dalam dunia blogging biasanya SEO adalah rajanya, untuk perusahaan/brand awareness maka Facebook adalah channel yang sangat baik, sedangkan untuk artis/publik figur mungkin Twitter dan Instagram adalah platform yang lebih optimal.

Intinya setiap audience memiliki platform dan teknik pendekatan yang berbeda-beda, langkah terbaik untuk memahami audience anda adalah dengan menjadi audience itu sendiri. Tanyalah apa yang akan anda lakukan jika anda ingin menemukan/mencari bisnis A, dimana biasanya saya sering menemukan bisnis B, mulai dari mindset seorang user, bayangkan diri anda adalah customer dan asumsikan bagaimana cara anda bisa menemukan sebuah website/bisnis tanpa pernah mendengar tentang brand itu sama sekali.

Atau cara lainnya adalah dengan melihat siapa kompetitor anda dan menganalisa cara mereka mendapatkan customer. Secara tidak langsung kompetitor anda sebenarnya sudah dengan baik hati melakukan market research untuk bisnis anda, yang perlu anda lakukan adalah menjadi lebih baik dan lebih inovatif lagi dalam menjalankan strategi marketing anda.

4. Update dengan perkembangan industri

Teknologi selalu berkembang setiap harinya, apa yang hari ini relevan bisa saja akan ditinggalkan tahun depan, sebaliknya apa yang terlihat kecil sekarang mungkin saja bisa menjadi besar dan booming di masa depan.

Kitapun juga harus selalu update dengan perkembangan jaman dan melihat peluang yang ada disekitar kita. Jika anda menemukan channel marketing baru yang masih fresh, tidak ada salahnya menyisihkan sebagian budget untuk mencoba channel tersebut.

Selalu lihat perkembangan tren yang ada, karena internet sangat cepat berubah, semuanya serba dinamis, dan mereka yang hanya pasif berdiam diri pasti akan segera tertinggal.


Secara garis besar untuk menentukan strategi marketing yang tepat untuk bisnis anda cobalah:

  • Menggunakan tools analytic sejak hari pertama
  • Menetapkan tujuan yang ingin anda raih (goals)
  • Mengindentifikasi siapa customer anda dan bagaimana cara menjangkau mereka (mulai dari mindset sebagai user)
  • Melihat kondisi market dan industri yang ada, selalu update dengan berbagai hal-hal dan peluang baru
  • Fokus pada channel yang terbukti membawa hasil terbaik dengan melihat hasil data analitik anda dan optimasi sebaik mungkin channel tersebut
  • Tetaplah terbuka dengan peluang/channel baru yang ada dan tinggalkan channel yang sudah mulai turun/tidak relevan

Leave a Reply

Your email address will not be published.