Cara Untuk Tetap Eksis & Relevan di Tengah Ketatnya Persaingan Blog

persaingan blog

Mendapatkan trafik/pengunjung semakin hari semakin sulit, ditengah maraknya persaingan blog dan website yang ada akan selalu muncul konten-konten hoax dan tiruan (duplicate) yang semakin mempersempit ruang “konten berkualitas” untuk dilihat.

Walaupun internet sudah sangat ramai dan kadang semakin tidak relevan, ada beberapa cara untuk menjadikan blog/website anda tetap eksis ditengah persaingan yang ada dan tentunya semakin relevan dengan orang-orang yang peduli dengan konten dan bisnis anda.

Inilah 4 cara untuk menjadikan blog/website/bisnis online anda menjadi unggul ditengah ketatnya persaingan yang ada:

1. Utamakan kualitas trafik, baru kuantitas

Artinya jangan melakukan spamming, jangan hanya mengejar angka. Jangan lakukan teknik black hat SEO, jangan membuat judul clickbait/miss leading, dan semacamnya.

Lakukan tugas anda yang paling utama yaitu membuat konten berkualitas yang relevan untuk visitor anda, memang trafik tinggi itu indikasi yang sangat bagus, namun yang harus anda prioritaskan pertama adalah engagement, followers/subscribers, return visitor, active users, dan mereka-mereka yang peduli denagn website/bisnis anda.

2. Beri alasan orang lain untuk peduli

Persaingan adalah tanda yang bagus karena artinya disitu ada sesuatu yang “worth it” untuk diperjuangkan, namun sebagian orang melupakan tujuan utama mereka dan malah fokus kepada memenangkan persaingan ketimbang memberikan value yang terbaik untuk visitornya.

Beri alasan mengapa orang lain harus melihat konten anda, apakah anda membuat konten hanya untuk mendapatkan lebih banyak views atau ingin memberikan manfaat kepada pengunjung blog/website anda?

Beberapa alasan yang bagus untuk membuat visitor anda peduli adalah:

  • Konten anda memberikan solusi terhadap permasalahan yang sedang mereka hadapi
  • Isi konten anda sangat informatif, relevan dan up to date dengan perkembangan situasi
  • Konten yang anda berikan bisa menghibur atau memiliki value lain yang bisa menghilangkan kejenuhan/rasa bosan dari para pembacanya
  • Dan yang paling penting adalah konten yang anda buat itu “original” murni dibuat untuk memberikan kepuasan kepada user, pada akhirnya orang lebih menghargai konten unik dan original ketimbang konten populer namun hasil copas/tiruan.

3. Berhenti melakukan teknik-teknik basi

Masih banyak pemilik blog/website yang suka melakukan blogwalking, forum spamming, link building massal, dan semacamnya. Stop it. Banyak sekali teknik-teknik yang sudah kadaluarsa dan tidak relevan lagi sekarang, simpelnya ikuti beberapa saran berikut:

  • Lakukan blogwalking (komen + meninggalkan link) hanya jika anda bisa memberikan jawaban/feedback yang betul-betul relevan dan bermanfaat.
  • Lakukan forum marketing dengan benar, gunakan nama dan profile yang betul-betul real dan berikan konten/jawaban yang bermanfaat didalam forum tersebut.
  • Lakukan sosial media marketing dengan konsisten, jangan mengejar angka likes/followers, ingat bahwa kualitas adalah yang pertama, buat postingan yang enganging dan membuat user ingin merekomendasikannya (share).
  • Jangan pernah membeli link/spamming dan cara-cara apapun yang tidak disarankan oleh Google.
  • Lakukan white hat SEO dan hindari penggunaan teknik-teknik black hat apapun.

3. Persiapkan strategi khusus

Untuk membuat sebuah blog/website tetap eksis anda tidak boleh monoton. Anda bisa lakukan guest blogging disitus yang memiliki authority yang tinggi, anda bisa membuat jokes-jokes/hiburan lucu di sosial media berupa gambar/video singkat yang menghibur, jangan hanya terpaku pada bentuk tulisan, perkaya juga konten anda dengan gambar, infografis, dan semacamnya.

Jika memiliki budget lebih anda bisa melakukan campaign khusus seperti memberikan hadiah/kuis kepada followers anda, intinya adalah teruslah berinovasi dan berinteraksi dengan para followers anda.

Baca juga: Cara menentukan strategi marketing untuk bisnis anda

4. Konsistensi

Tips terakhir untuk mempertahankan eksistensi di tengah persaingan blog/website yang ada adalah dengan terus konsisten memberikan yang terbaik. Disinilah banyak para blogger/pemilik website gagal karena biasanya mereka akan mencapai titik jenuh, most people start strong but finish weak, banyak orang hanya kuat diawal, memiliki motivasi tinggi saat memulai namun pada akhirnya lemah dan kehilangan motivasi.

Jadi konsistensi jauh lebih penting daripada kerja keras sesaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.