Apa Itu SEM? Apa Bedanya Dengan SEO? Ayo Pelajari Disini

apa itu sem & seo

Apa itu SEM?

SEM atau “Search Engine Marketing” adalah salah satu cara mempromosikan website dengan meningkatkan posisinya pada hasil pencarian mesin pencari (SERP) terutama melalui iklan berbayar (paid ads).

Dalam industri digital marketing, SEM seringkali diartikan secara langsung sebagai paid search atau lebih spesifik lagi AdWords. Sama halnya dengan SEO, SEM sebenarnya tidak hanya terpaku pada Google saja, masih ada alternatif mesin pencari lain seperti Bing Ads. Jadi SEM lebih dikenal sebagai metode promosi berbayar untuk meningkatkan visibilitas website anda pada mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dll. Namun karena mayoritas user hanya menggunakan Google untuk mencari sesuatu, SEM sering diartikan sebagai PPC (pay per click) atau AdWords.

Beberapa metode beriklan yang merupakan bagian dari SEM adalah paid search ads dan CPC/CPM advertising. Biasanya SEM juga dikombinasikan dengan SEO untuk memberikan hasil yang lebih baik pada hasil pencarian.

Apa perbedaan SEM dengan SEO?

Perbedaan paling mendasar antara SEM dengan SEO adalah waktu.

Dengan SEO biasanya website anda baru mendapatkan peringkat (halaman 1) setelah 3 bulan atau lebih, bahkan bisa jadi website anda tidak akan pernah kebagian halaman pertama karena kompetisinya sudah ketat sekali (tergantung keyword yang anda incar), sedangkan dengan SEM website anda bisa langsung tampil di halaman 1 secara instan (selama anda bersedia membayar).

Dengan SEM anda harus terus-terusan mengeluarkan uang untuk mendapatkan visibilitas pada mesin pencari, tentu ini bukan investasi jangka panjang yang baik, sebaliknya dengan SEO walaupun lebih repot karena harus optimasi sana-sini, namun kedepannya anda bisa mendapatkan hasil pencarian organik terus-terusan secara gratis sehingga akan sangat menghemat budget marketing anda.

Saran kami untuk jangka pendek gunakanlah SEM, sedangkan untuk planning jangka panjang mulailah terapkan optimasi SEO pada website anda.

Mana yang lebih baik SEO atau SEM?

Sebenarnya antara SEO & SEM tidak perlu dibandingkan mana yang lebih baik karena keduanya akan lebih baik jika dijalankan secara bersamaan. Namun anda bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut.

Gunakan SEM jika:

  • Anda memiliki budget marketing yang lebih
  • Anda ingin hasil yang cepat (jangka pendek)
  • Anda tidak mau repot dengan optimasi/teknik SEO

Gunakan SEO jika:

  • Anda ingin hasil jangka panjang secara continue
  • Anda tidak memiliki banyak budget untuk beriklan

Secara praktek memang belajar SEO akan lebih merepotkan daripada SEM, dengan SEM anda tinggal melakukan sedikit optimasi, bayar, dan website anda akan segera muncul pada hasil pencarian.

Semua tergantung pada kebutuhan masing-masing, apakah anda ingin hasil cepat? Atau anda ingin hasil yang sedikit lebih lama namun lebih hemat? Jika anda ingin mempromosikan sebuah website/situs yang masih baru, SEM dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun untuk jangka panjang, tentu SEO adalah pilihan yang jauh lebih baik (dengan biaya yang lebih sedikit pula).

Apapun metode yang anda pilih, perlu diingat bahwa tujuan dari kedua teknik ini adalah untuk mendatangkan trafik yang relevan ke situs anda. Masih ada strategi marketing lainnya seperti sosial media, email marketing, dan semacamnya, sehingga jangan selalu menggantungkan sepenuhnya bisnis anda pada SEO/SEM saja, ingatlah juga untuk mempertimbangkan channel marketing lain dan juga meningkatkan kualitas layanan/produk yang anda jual.

Panduan Membuat Website yang User Friendly dan Berkesan Dimata User

website yang user friendly

Dalam mengembangkan sebuah website kita harus memperhatikan salah satu faktor terpenting yaitu user. Pada akhirnya sebuah website diciptakan untuk memberikan kepuasan kepada user dan menghasilkan konversi/sales yang diinginkan, karena itu hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan situs yang sangat mudah diakses dan digunakan oleh visitor (user friendly) sehingga merekapun akan puas dan terus kembali lagi nantinya.

Dalam artikel ini kami akan memberikan panduan bagaimana membuat sebuah website yang user friendly sehingga bisnis anda akan mendatangkan lebih banyak visitor yang puas (high engagement) dan tentunya meningkatkan omset penjualan anda.

Berikut ini 6 hal yang harus anda perhatikan dalam membangun website yang user friendly sehingga menghasilkan kesan baik pada brand anda dimata customer:

1. Nama domain yang jelas dan singkat

Sebelum membuat website pastinya kita membutuhkan domain, darisini kita harus mempersiapkan nama domain yang merepresentasikan bisnis/brand kita dengan baik. Usahakan nama domain yang anda pilih memiliki beberapa unsur berikut:

  • Singkat dan mudah dihafal (usahakan tidak lebih dari 8-10 huruf)
  • Deskriptif dan jelas (merepresentasikan bisnis anda)
  • Menggunakan ektension top-level domain (TLD) seperti .com atau .net
  • Untuk bisnis lokal (target market Indonesia) akan lebih baik jika menggunakan ekstension .co.id
  • Sebisa mungkin hindari penggunaan karakter spesial seperti “-” atau “_”
  • Lebih bagus lagi jika nama domain mengandung keyword yang anda incar di mesin pencari (SEO) namun tidak perlu dipaksakan jika memang tidak memungkinkan

Selain url website, pastikan juga url untuk platform sosial media telah anda daftarkan, jika domain situs anda adalah estehmanis.com maka segera buat fanpage dengan url facebook.com/estehmanis, akun twitter @estehmanis, dan berbagai akun di sosial media lainnya yang diperlukan.

2. Buat halaman informasi tentang bisnis anda dan kontak yang bisa dihubungi

Sudah menjadi standart umum dalam sebuah website terdapat halaman “about” dan “contact”, untuk halaman kontak pastikan anda menyediakan opsi yang lengkap seperti no telp/hp, email, alamat, termasuk akun sosial media.

Untuk halaman “about” buatlah sedeskriptif mungkin, tidak perlu muluk-muluk menjelaskan panjang lebar, yang terpenting adalah user tau siapa anda dan apa yang bisnis anda tawarkan. Jika terlalu banyak informasi atau jawaban yang ingin anda berikan kepada user maka arahkan itu semua kehalaman “faq”, sehingga mereka yang ingin mengulik lebih detail lagi bisa masuk kehalaman tersebut.

3. Navigasi yang simpel dan intuitif

Pastikan user dapat mengakses semua halaman website dengan mudah, jangan buat pop-up atau banner melayang yang mengganggu, penempatan menu yang paling standar adalah diatas (header) dan informasi pendukung lainnya bisa anda taruh di sidebar/footer, pastikan juga tidak ada broken link atau url yang eror.

Buatlah user flow yang jelas. Sebuah website tentunya harus dapat ditelusuri oleh user dengan mudah. Struktur website harus rapi, dari 1 halaman ke halaman lain semuanya tersusun dengan benar sehingga userpun tahu mereka sedang ada dimana dan kemana harus mencari halaman yang diinginkan.

4. Kecepatan loading website harus cepat

Internet di Indonesia sudah lambat, jangan memperburuknya dengan loading website yang lemot, cobalah cek kecepatan loading situs anda menggunakan Google Page Speed atau tools speed test lainnya.

Jika kecepatan situs anda masih lambat, cobalah pertimbangkan beberapa pilihan berikut:

  • Gunakan cache atau CDN. Jika konten website anda cenderung statis dan jarang melakukan update/perubahan maka menggunakan cache dan CDN (content delivery network) adalah pilihan yang sangat bijak, selain memperkecil beban server anda juga bisa menghemat space disk pada hosting anda sehingga kecepatan loading situs andapun akan meningkat secara drastis. Namun cache/CDN kurang efisien jika situs anda sangat dinamis seperti forum dan situs-situs AGC/UGC lainnya.
  • Hapus konten/plugin yang berat. Salah satu penyebab website menjadi lambat adalah adanya konten dan plugin-plugin yang memakan banyak resource memory sehingga akses website menjadi lama, jika ada konten-konten seperti gambar/video/plugin yang tidak terpakai atau kurang penting maka segera hapus. Selain itu bersihkan juga database server dari data-data yang sudah tidak terpakai.
  • Mengganti hosting yang kapasitas dan speednya lebih besar. Jika semua yang anda lakukan tidak kunjung meningkatkan kecepatan situs anda, maka sudah saatnya mengganti hosting ke server yang lebih cepat.

5. Mobile friendly

Sekarang sudah jamannya serba mobile, di Indonesia sendiri penetrasi internet didominasi oleh pengguna smartphone, karena itu sudah menjadi kewajiban sebuah website dapat diakses dengan baik dari perangkat mobile. Buatlah web dengan desain yang responsif. Website yang responsif akan menyesuaikan ukuran layar dengan perangkat yang digunakan untuk membuka website tersebut sehingga tampilan website anda akan mudah diakses dari perangkat apapun.

6. Hindari fitur/koten yang tidak penting

Masih banyak pemilik website yang menggunakan fitur-fitur tidak penting dan yang lebih parahnya lagi terkadang fitur-fitur tersebut sudah tidak digunakan lagi sampai akhirnya menumpuk sehingga membuat loading website sangat-sangat berat.

Sebaiknya hindari konten/plugin yang bersifat autoplay seperti musik/video/animasi/flash, dan matikan plugin yang sudah tidak digunakan. Tidak perlu menggunakan media atau berbagai integrasi yang tidak perlu, buat website anda sesimpel dan seefisien mungkin. Less is more.

Tips Meningkatkan Like dan Engagement Facebook Page (Fanpage)

tips meningkatkan like dan engagement

Seiring dengan berkembangnya sosial media, tidak dapat dipungkiri Facebook masih menjadi salah satu sosial media terbaik dan paling ramai saat ini. Namun persaingan bisnis di sosmed ini begitu tinggi, akibatnya Facebook mengubah ketentuan algoritmanya untuk membatasi jangkauan (reach) sebuah fanpage kepada user yang sudah memfollow/likes sebuah fanpage.

Ada 2 batasan yang perlu kita perhatikan yaitu:

– Engagement based

Jika anda memposting sesuatu di fanpage anda, maka facebook akan mendistribusikannya kepada sebagian kecil user yang sudah men-like fanpage anda, ini dinamakan organik reach, yang jadi masalah adalah jika orang-orang yang melihat postingan tersebut tidak tertarik (engage) maka organic reach anda akan berhenti sampai disitu saja.

Berbeda jika ada engagement entah dalam bentuk klik, view, likes, komen, share, maka facebook akan mendistribusikan postingan tersebut kepada teman-teman mereka dan menjangkau lebih banyak lagi audience/followers fanpage anda.

– Time based

Jika anda tidak memposting apapun dalam beberapa minggu, maka otomatis follower anda tidak akan mengkonsumsi konten apapun yang berakibat pada kurangnya engagement terhadap fanpage anda, sinyal ini akan menjadi tanda buruk karena facebook bisa saja menyangka followers anda sudah tidak peduli lagi dengan fanpage anda, akibatnya pada postingan yang berikutnya organik reach fanpage anda akan menurun secara drastis.

Jadi akan ada tuntutan secara kualitas (engagement) dan kuantitas (time) terhadap fanpage anda. Untuk meningkatkan kembali organik reach termasuk meningkatkan like dan engagement di Facebook, kita perlu melakukan beberapa optimasi berikut:

1. Rencanakan jadwal postingan sejak awal dengan fitur schedule

Facebook page memiliki fitur schedule yang bisa membuat anda melakukan posting secara otomatis kapanpun yang anda mau. Dengan fitur ini anda bisa merencanakan jadwal konten-konten yang ingin anda posting dalam 1 bulan kedepan, kapan artikel A akan tayang, hari apa artikel B akan publish, atau jam berapa konten C akan di re-publish kembali.

Keuntungannya adalah anda tidak perlu khawatir akan faktor “time” karena anda bisa terus-terusan mengatur, mengubah, menghapus, menambahkan jadwal postingan sesuka hati anda, dengan begini fanpage anda tidak akan pernah kosong dari postingan/aktivitas entah karena faktor lupa dan sebagainya.

2. Repost konten-konten lama

Jika anda sudah kehabisan konten untuk di share, maka tidak ada salahnya memposting ulang (repost) konten yang sudah jadul untuk meningkatkan kembali aktivitas dan membuat fanpage tetap hidup.

Tidak semua followers anda melihat postingan yang sudah lama khususnya followers yang baru saja men-likes fanpage anda, karena itu anda bisa memposting ulang konten tersebut dengan caption/kata-kata yang berbeda, idealnya konten yang layak direpost di facebook adalah konten yang sudah diposting lebih dari sebulan yang lalu.

3. Biarkan likes datang secara organik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, faktor engagement based akan mengurangi organik reach jika follower-follower anda tidak memiliki engagement yang kuat dengan postingan anda.

Bayangkan kalau anda “membeli likes” secara tidak langsung anda mendatangkan follower-follower palsu yang tentu tidak memiliki engagement yang kuat dengan fanpage anda. Akibatnya? Distribusi/organik reach anda malah tersalurkan pada follower-follower palsu ini dan berhenti sampai disitu saja.

Jadi tips meningkatkan like yang paling efektif adalah biarkan proses likes datang secara alami, jangan mengejar “angka” likes karena kualitas follower jauh lebih penting daripada sekedar jumlahnya. Alternatif lainnya jika anda memiliki budget lebih, anda bisa coba menggunakan fitur Facebook Ads yang tertarget dengan baik.

4. Buat konten yang berpotensi viral

Konten viral adalah konten yang bisa tersebar dengan sendirinya karena dibagikan oleh user secara sukarela. Jenis konten ini biasanya mengandung trigger yang memicu emosi orang lain entah positif atau negatif sehingga mereka mau membagikannya kepada orang lain.

Beberapa jenis konten yang sering memicu viralitas adalah:

  • Inspirasi dan motivasi
  • Sesuatu yang mengandung unsur seni, menghibur, lucu, horor, membuat penasaran dan memacu adrenalin
  • Tips-tips yang bermanfaat secara umum dan berguna untuk siapa saja
  • Berita terkini dan update-update yang sedang terjadi di masyarakat

5. Respon follower/customer secepat mungkin

Sosial media adalah medium yang sangat aktif dan ramai, karena itu responlah setiap customer/fans yang berkomentar secepat mungkin, lebih bagus lagi jika anda bisa terlibat dalam percakapan yang dalam (deep conversation), karena darisitu orang lain bisa melihat bagaimana cara anda memperlakukan user dengan baik.

Pastikan tidak ada satupun follower yang terabaikan kecuali mereka adalah haters atau orang iseng, selain itu anda juga harus pintar mengidentifikasi siapa follower yang betul-betul tertarik dengan page anda dan mana follower yang cuma ingin melakukan promosi/spam demi keuntungannya sendiri, tentu anda tidak ingin bukan organik reach fanpage anda terbuang sia-sia untuk orang-orang seperti itu.

6. Pahami keinginan followers dengan memperhatikan analytic fanpage anda

Pada dashboard “insight” halaman Facebook Page anda bisa melihat konten mana yang lebih banyak mendapat views, reach, engagement, likes, share, dan semacamnya. Jika data menunjukkan konten A lebih menghasilkan engagement ketimbang konten B, maka tentu anda harus lebih sering memboosting konten A ketimbang konten B.

Jadikan data ini sebagai patokan dalam strategi marketing dan pengambilan keputusan berikutnya, pelajari mengapa ada konten yang bisa mendapat lebih banyak trafik ketimbang jenis konten lainnya, coba lakukan testing dengan berbagai konten baru yang serupa dan analisa kembali.

Selain itu jangan sungkan bertanya kepada followers anda, karena terkadang kita tidak akan pernah tahu apa yang mereka inginkan sampai akhirnya kita bertanya kepada mereka.

5 Kelebihan Menggunakan Jasa Digital Marketing (Agency)

jasa digital marketing agency jakarta

Ketika anda memutuskan untuk memasarkan bisnis/brand anda secara online, pastinya ada beberapa pertimbangan seperti apakah perlu memakai jasa digital marketing (agency) atau lebih baik menghire karyawan (digital marketer) atau bahkan melakukan semuanya sendirian?

Setiap keputusan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun disini kita akan membahas perbandingan dan beberapa keuntungan yang anda dapatkan jika menggunakan jasa agency digital marketing, inilah beberapa kelebihannya:

1. Anda bisa fokus pada value utama bisnis anda

Ini adalah alasan yang paling penting mengapa anda perlu menggunakan jasa agency digital, karena marketing is about value.

Marketing sebagus apapun tidak ada artinya jika produk/jasa yang anda miliki tidak memiliki value yang kuat, maka dari itu anda sebagai pemilik bisnis harus betul-betul fokus dengan value utama brand anda yaitu membuat produk/layanan yang luar biasa. Tentunya akan kurang efektif jika anda harus membagi fokus antara marketing dan produk, bahkan walaupun anda/tim anda bisa melakukannya, pada akhirnya anda mengorbankan value utama bisnis/brand anda yaitu menciptakan layanan/produk yang berkualitas.

Waktu dan energi anda terbatas, prioritaskanlah “core” bisnis dan pekerjaan utama anda sehingga bisnis anda bisa terus menghasilkan produk/layanan yang luar biasa kepada customer. Agency yang baik tentunya akan membantu anda untuk mencapai goal tersebut dan menyesuaikan strategi marketing yang tepat untuk bisnis anda kedepannya.

2. Bisnis anda akan dimarketingkan secara profesional

Digital marketing itu kompleks, karena itulah kehadiran digital agency diperlukan. Pastinya setiap agency sudah dibekali dengan pengetahuan yang mendalam mengenai dunia digital marketing baik itu branding, SEO, digital ads, social media,dan lain-lain.

Kembali lagi pada poin pertama, walaupun anda memahami dengan baik tentang digital marketing, you sacrifice what makes you great in the first place, anda mengorbankan value awal dari produk/jasa yang anda berikan, ingat bahwa waktu, perhatian, dan tenaga anda terbatas, anda tidak bisa melakukan segala-galanya sendiri, karena itu anda perlu kehadiran seorang profesional yang mengerti dan siap membantu permasalahan yang sedang anda hadapi.

3. Menghemat budget marketing

Digital agency yang baik akan merencanakan anggaran yang tepat untuk kampanye/promosi bisnis anda sesuai dengan budget yang anda miliki. Dengan menggunakan jasa digital marketing yang profesional maka anda bisa menghindari kesalahan-kesalahan (eror) tertentu yang justru bisa menghasilkan pengeluaran yang sia-sia.

Agency jauh lebih paham “what works and don’t” dalam digital marketing karena pengalaman yang sudah terasah selama bertahun-tahun, dengan semua pengalaman tersebut tentunya mereka bisa jauh lebih menghemat biaya marketing dan menekan pengeluaran bisnis anda.

4. Hasil kampanye yang jauh lebih efektif dan kreatif

Fokus agency adalah memarketingkan bisnis anda kepada market yang tepat, pada waktu yang tepat, dan dengan cara yang tepat.

Digital agency fokus pada sisi marketing, sedangkan anda fokus pada produk/jasa yang akan dijual, kombinasi ini akan menghasilkan marketing yang sangat efektif karena anda sebagai pemilik bisnis betul-betul mempersiapkan produk/jasa yang terbaik untuk customer dan agency dapat memarketingkannya dengan kreatif sehingga bisnis/brand anda bukan hanya sekedar “terlihat”, melainkan menjadi pilihan yang lebih baik bagi konsumen.

5. Keuntungan yang lebih maksimal

Jelas dengan biaya marketing yang efektif akan menghasilkan profit untuk bisnis anda secara jangka panjang mulai dari penjualan/sales sampai brand awareness.

Agency akan memberikan laporan performa/kinerja dari strategi marketingnya sehingga andapun juga bisa mengetahui bagaimana perkembangan bisnis anda secara bertahap, dengan hasil kinerja inilah anda akan mengerti apakah bisnis anda betul-betul memerlukan digital agency atau tidak.


Kesimpulannya adalah jasa digital marketing atau digital agency akan memberikan beberapa kelebihan untuk perkembangan bisnis/brand anda, yaitu:

  • Waktu, perhatian, dan tenaga yang lebih untuk bisnis anda, karena fokus anda tidak perlu terbagi-bagi sehingga bisnis anda betul-betul bisa menghasilkan produk terbaik untuk konsumen anda.
  • Bisnis yang profesional tentu harus dimarketingkan secara profesional. Tidak perlu khawatir karena dengan menggunakan jasa digital agency pastinya bisnis anda akan dipromosikan oleh ahli dibidangnya masing-masing.
  • Dengan menghindari berbagai kesalahan dan pengeluaran yang sia-sia, tentunya budget marketing anda jauh menjadi lebih efektif dan lebih hemat daripada dikerjakan oleh orang-orang yang kurang kompeten.
  • Kampanye yang dijalankan secara fokus oleh ahlinya (agency) dan dengan produk yang memberikan solusi tepat kepada customernya (bisnis anda), tentu akan menghasilkan value yang luar biasa kepada market sehingga pemasaran/marketing bisa berjalan secara efektif sesuai dengan rencana/tujuan bisnis anda.
  • Profit yang jauh lebih maksimal, karena semua sisi dari bisnis anda betul-betul dikerjakan oleh mereka yang profesional dan semua itu bisa anda pantau melalui laporan kinerja yang diberikan oleh agency.

Itulah alasan mengapa anda perlu menggunakan jasa agency digital marketing, pada akhirnya pilihan tetap ada ditangan anda sebagai pemilik bisnis. Terlepas dari perlu tidaknya bisnis anda menggunakan jasa digital agency, tidak ada salahnya anda coba menghubungi agency untuk berkonsultasi atau bertanya mengenai strategi marketing yang tepat untuk bisnis anda.

Agency yang baik akan dengan senang hati mendiskuskan permasalahan yang ada dan membantu kesuksesan bisnis anda.

Manfaat Blog Untuk Perkembangan Bisnis / Perusahaan Anda

manfaat blog

Perlukah sebuah perusahaan membuat blog? Apa manfaat blog untuk perkembangan bisnis/brand anda?

Terlepas dari perlu tidaknya, dengan memiliki blog bagi perusahaan maka anda akan mendapatkan beberapa keuntungan berikut:

1. Selangkah lebih maju dari kompetitor anda

Tidak semua bisnis memiliki blog, padahal blog adalah media yang paling fleksibel untuk menyampaikan pesan, informasi dan value kepada konsumen anda. Walaupun tidak ada yang mengharuskan sebuah bisnis untuk membuat blog, anda akan jauh terlihat lebih up to date dan berada beberapa langkah didepan dengan memiliki blog ketimbang bisnis lainnya yang hanya sekedar menjual produk.

2. Bisa melakukan soft selling dan mengedukasi customer

Customer tidak begitu suka dengan bisnis/brand yang hanya menjual tanpa memberi nilai/value lebih apapun, disinilah peran blog dapat membantu anda untuk melakukan penjualan secara halus (soft selling) dan juga mengedukasi pasar/market baru.

Daripada hanya menjual dan menjejali konsumen dengan iklan, jauh lebih baik kita menginformasikan sesuatu yang bermanfaat dan berguna untuk konsumen sambil perlahan-lahan mengarahkannya (lead) kepada produk yang kita jual, sekaligus menjelaskan solusi dari produk yang kita tawarkan.

3. Memperluas jangkauan marketing dan meningkatkan brand awareness

Jika anda hanya menjual produk kemungkinan besar bisnis anda akan terus-terusan menggunakan iklan (modal) untuk menggapai target market yang baru, namun dengan adanya blog, maka jangkauan marketing anda akan semakin luas karena disini anda mendistribusikan konten yang sangat fleksibel untuk ditaruh pada platform/channel manapun di internet.

Anda bisa melakukan berbagai strategi content marketing untuk mendapatkan customer baru entah itu melalui sosial media, konten viral, forum, search engine, dan semacamnya. Selain itu jauh lebih mudah meningkatkan brand awareness dan mempertahankan audience jika anda memiliki blog karena blog yang selalu di update menandakan bisnis anda turut up to date sesuai dengan keadaan dan situasi pasar.

4. Lebih memahami customer dan apa yang mereka butuhkan

Beberapa pembaca blog biasanya suka meninggalkan komentar dan berdiskusi didalam sebuah postingan. Selain itu konsumen juga sangat aktif beropini di sosial media, dengan adanya interaksi ini kita bisa lebih dekat dengan mereka dan memahami apa yang mereka butuhkan serta memberikan solusi terbaik untuk masalah-masalah mereka.

5. Kita tahu siapa yang betul-betul mencari kita dan dimana harus menjangkau mereka

Sebagian visitor yang mengunjungi blog anda pasti akan menggunakan produk/jasa anda atau setidaknya mengulik lebih dalam tentang bisnis anda. Dari engagement ini anda bisa tahu siapa visitor yang betul-betul ingin membeli dari anda dan dimana biasanya mereka berada.


Itulah 5 keuntungan blog bagi perkembangan bisnis anda, tentunya masih banyak lagi kelebihan lainnya yang bisa anda perluas dengan memiliki blog bagi perusahaan anda. Jadi jika anda masih belum memiliki blog untuk usaha/bisnis anda, pastikan anda mulai membuatnya sekarang.