Manfaat Blog Untuk Perkembangan Bisnis / Perusahaan Anda

manfaat blog

Perlukah sebuah perusahaan membuat blog? Apa manfaat blog untuk perkembangan bisnis/brand anda?

Terlepas dari perlu tidaknya, dengan memiliki blog bagi perusahaan maka anda akan mendapatkan beberapa keuntungan berikut:

1. Selangkah lebih maju dari kompetitor anda

Tidak semua bisnis memiliki blog, padahal blog adalah media yang paling fleksibel untuk menyampaikan pesan, informasi dan value kepada konsumen anda. Walaupun tidak ada yang mengharuskan sebuah bisnis untuk membuat blog, anda akan jauh terlihat lebih up to date dan berada beberapa langkah didepan dengan memiliki blog ketimbang bisnis lainnya yang hanya sekedar menjual produk.

2. Bisa melakukan soft selling dan mengedukasi customer

Customer tidak begitu suka dengan bisnis/brand yang hanya menjual tanpa memberi nilai/value lebih apapun, disinilah peran blog dapat membantu anda untuk melakukan penjualan secara halus (soft selling) dan juga mengedukasi pasar/market baru.

Daripada hanya menjual dan menjejali konsumen dengan iklan, jauh lebih baik kita menginformasikan sesuatu yang bermanfaat dan berguna untuk konsumen sambil perlahan-lahan mengarahkannya (lead) kepada produk yang kita jual, sekaligus menjelaskan solusi dari produk yang kita tawarkan.

3. Memperluas jangkauan marketing dan meningkatkan brand awareness

Jika anda hanya menjual produk kemungkinan besar bisnis anda akan terus-terusan menggunakan iklan (modal) untuk menggapai target market yang baru, namun dengan adanya blog, maka jangkauan marketing anda akan semakin luas karena disini anda mendistribusikan konten yang sangat fleksibel untuk ditaruh pada platform/channel manapun di internet.

Anda bisa melakukan berbagai strategi content marketing untuk mendapatkan customer baru entah itu melalui sosial media, konten viral, forum, search engine, dan semacamnya. Selain itu jauh lebih mudah meningkatkan brand awareness dan mempertahankan audience jika anda memiliki blog karena blog yang selalu di update menandakan bisnis anda turut up to date sesuai dengan keadaan dan situasi pasar.

4. Lebih memahami customer dan apa yang mereka butuhkan

Beberapa pembaca blog biasanya suka meninggalkan komentar dan berdiskusi didalam sebuah postingan. Selain itu konsumen juga sangat aktif beropini di sosial media, dengan adanya interaksi ini kita bisa lebih dekat dengan mereka dan memahami apa yang mereka butuhkan serta memberikan solusi terbaik untuk masalah-masalah mereka.

5. Kita tahu siapa yang betul-betul mencari kita dan dimana harus menjangkau mereka

Sebagian visitor yang mengunjungi blog anda pasti akan menggunakan produk/jasa anda atau setidaknya mengulik lebih dalam tentang bisnis anda. Dari engagement ini anda bisa tahu siapa visitor yang betul-betul ingin membeli dari anda dan dimana biasanya mereka berada.


Itulah 5 keuntungan blog bagi perkembangan bisnis anda, tentunya masih banyak lagi kelebihan lainnya yang bisa anda perluas dengan memiliki blog bagi perusahaan anda. Jadi jika anda masih belum memiliki blog untuk usaha/bisnis anda, pastikan anda mulai membuatnya sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.