DONGKRAK MEREK PRODUK SOSIAL MEDIA DENGAN HASHTAG

Hashtag

 

Simbol “#” atau yang lebih akrab disebut hashtag sering dijumpai di Instagram, Twitter maupun Facebook pada bagian akhir caption. Kadang terdapat satu hingga puluhan hashtag dalam satu postingan. Sebenarnya apa fungsi utama hashtag? Lalu bagaimana cara penggunaan hashtag yang baik dan benar?

Hashtag merupakan simbol yang memudahkan pengguna untuk browsing satu kata kunci tertentu. Pengguna hashtag akan dengan mudah menemukan topil-topik yang dicari. Fungsi hashtag kini tidak hanya dilakukan untuk kesenangan akun pribadi, namun bisa juga digunakan untuk keperluan bisnis dan sebagainya.

Perlu dibedakan tipe hashtag untuk keperluan pribadi dengan hashtag keperluan bisnis. Hashtag untuk akun pribadi biasanya bersifat lebih santai atau sekedar hashtag lelucon, seperti #lemesinaja. Sedangkan hashtag untuk keperluan bisnis ditentukan berdasarkan apa yang ingin dipasarkan dan untuk siapa bisnis ditujukan, misalkan #taslokal #pemudaindonesia. Dapat dikatakan bahwa hashtag bertujuan sebagai penghubung merek produk bisnis Anda dengan target customer. Dengan begitu, hashtag akan terbentuk dan mempermudah pengguna untuk mencari kata kunci tersebut. Strategi promosi dan penggunaan hashtag yang baik dan benar pun sangat dibutuhkan. Misalkan hashtag untuk kepentingan personal branding sebaiknya jangan memuat lebih dari tiga hashtag. Jika memuat terlalu banyak hashtag, postingan akan menjadi spam.

Selanjutnya, jika hashtag yang Anda gunakan sudah benar dan sesuai dengan target, hashtag akan meningkatkan pengikut atau followers di sosial media Anda. Dalam kepentingan bisnis, semakin banyak followers, maka semakin efektif pula proses pemasaran serta penjualan produk.

Hal yang bisa Anda lakukan sebelum menentukan hashtag yaitu riset keyword atau kata kunci yang memiliki potensi besar dalam pencarian target costumer. Hindari hashtag yang asal karena postingan akan terbaca seperti spam. Riset keyword membantu memaksimalkan bisnis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.